Thariq Student Outbond

   Hari Jum'at dan Sabtu,tanggal 22 - 23 November 2013 lalu sekolah gue mengadakan acara TSO(Thariq Student Outbond) pas gue kelas 8 di Gunung Bunder,Bogor. Jam 7 pagi kita semua udah ngumpul di lapangan sekolah buat ngedengerin sambutan,arahan dan doa. Pertama kita ngedengerin sambutan dari kepala sekolah abis itu ngedengerin arahan buat kegiatan nanti, trus yang terakhir kita berdoa sebelum berangkat. Setelah berdoa, yang cewe disuruh ganti celana training biar nanti disana katanya ga ribet. abis itu baru deh menuju keluar dan naik tronton kelas masing-masing (btw kita itu kesana naik tronton polisi gitu kesannya kayak tahanan biar pas di jalan kagak macet). Kelas gue dapet tronton 2, isinya 25 + bonus 1. Banyak juga sih trontonnya ada 8 tapi tenang kagak bakal macet.

   Perjalanan ditempuh kurang lebih 3 jam, ditronton banyak yang bawa cemilan jadi pada makan-makan, pas berhenti di rest area banyak yang jajan buat bekal lagi kalo laper disana.Pas nyampe kita disuruh sholat dulu yang cowo sholat jum'at yang cewe sholat dzhur. selepas itu gue liat-liat dulu di sekitar gue, gue kira kita bakal nginep ditempat yang cuma ada 2 barak dan tempat outbound. Tiba-tiba ada salah satu pemimpin Rindam Jaya gitu dateng, trus semuanya pada baris, sekalian buat 6 kelompok cowo dan 6 kelompok cewe, gue kelompok 2 isinya 24 orang temen sekelas semua.Terus kita semua disuruh upacara pembukaan dulu,baru deh selesai itu dikasih arahan lagi, ternyata kita disini dilatih oleh Tim Rindam Jaya, wow ga kebayang ntar pasti bisa hancur dah nih tulang.
                               pas
lagi
upacara


Kita disuruh untuk taatin perintah yang ada, habis itu kita diajarin tata cara makan sama minum, menurut gue ini hal yang paling konyol banget. kita ga boleh buka makanan sama minuman dulu seblum ada perintah, kalo dibuka duluan nanti disuruh loncat ke kolam lumpur. sbelum minum, minumannya dipegang ditangan kiri sedotannya di tangan kanan, abis itu diangkat baru ditusuk pake sedotan. kalo cara buat makan hampir sama makanannya diangkat trus bilang " Selamat makan ". kita cuma dikasih waktu makan 10 hitungan, isinya makanannya nasi,ayam,urap,tempe.Yang paling penting habisin nasinya kalo ga disuruh push up. gue cuma makan nasi pake tempe doang. Abis hitungannya selesai banyak yang izin ke toilet pada muntah. setelah itu kita disuruh ngeluarin semua makanan yang dibawa, padahal kan masih banyak cemilan mana tadi beli lagi, yaudah kita keluarin deh tuh semua makanan, abis itu kita menjauh daari tas soalnya mau di periksa.Kita semua istirahat dulu biar bisa ga cepek ngelanjutin perjalanan.
Setelah itu yang yang cewe sama yang cowo disuruh baris hadap-hadapan sama kelompoknya buat nyari tau petunjuk sebelum kita pergi ketempat kita nginep.Tulisan petunjuknya alay banget jadi cuma orang-orang yang alay baru bisa baca(gak deh).Ternyata kita disuruh nyari telor ayam disekitar lokasi, kalo udah ketemu kita disuruh jaga tuh telor nyampe pas kita mau pulang kalo pecah katanya kita bisa dihukum gitu.Abis itu kita disuruh buat yel-yel,abis buat yel-yel, dikasih peralatan masak buat nanti kalo udah nyampe kita disuruh masak kalo engga masak ya engga makan.Perjalan dimulai lagi, kita mulai kurang lebih jam 14:30, tas udah enteng udah ga ada makanan lagi. jalanannya naik turun gitu, tantangan pertama kita ngerayap gitu ga boleh kena tali.
tantangan pertama
Abis itu jalan lagi, ngelewatin sungai kecil, menanjak lah ,dan menurun.
Salah satu gambaran pas mendaki
Abis itu kita menuju tantangan selanjutnya.

Tantangan yang ke-3
Dan yang paling susah yaitu tantangan terakhir, kita disuruh bener-bener mendaki dan pake seuntas tali. Setelah nyampe diatas, kita istirahat kita duduk sebentar dibawah pohon yang besar,kira-kira kita nyampe jam 17:00. Setelah itu baru kita ke camp(itu camp nya cuma sementara).kelompok gue dapet camp sisa di sebelah kelompok 2 cowo.Abis rapi-rapiin camp baru kita nyimpen tas, setelah semuanya rapi kita bergegas buat masak nasi dan mie insta.Gue dapet bagian nyari kayu bakar,batas masak ditentuin nyampe jam 18:00.Pas waktu masak udah abis untung aja makanannya bener-bener udah matang,kelompok yang lain ada juga yang udah matang ada juga yang belom ya jadi nasib lah yang belom mateng.Abis selesai makan kita sholat Maghrib, dibawah masjid itu kayak banyak rumah warga gitu tapi sepi,pengen kesana tapi takut padahal bagus.Abis sholat ada acara api unggun,kita semua masih pake baju pramuka yang dipakai dari pas kita berangkat.Di acara api unggun kita menyaksikan beberapa penampilan dari beberapa siswa yang maju,rata-rata pada nyanyi semua, abis itu dilanjut lagi makan malem,ternyata makanan yang kita makan itu makanan yang dibawa sekolah udah dari tadi pagi,omg.Setelah makan,dilanjutkan pengarahan buat kegiatan besok.Dan selanjutnya dilanjutkan sholat isya.
     Seusai sholat isya, kita semua diminta untuk balik ke camp dan ambil semua peralatan yang ada di camp dan kita harus memegang senter untuk melanjutkan perjalanan lagi, ini sekitar jam 21:00. Ketika kelompok 2 dipanggil kelompok yang cewe jalan duluan yang cowonya dibelakang ngejaga gitu kayak satpam.Perjalanannya cukup jauh sekitar 1 Km. Pas kita nyampeeeee.... ternyataaa... tempat kita nginep itu DI BARAK YANG GUE KIRA RUMAH WARGA PAS DI BAWAH TANGGA MASJID.. jujur aja sempet kesel, gimana ga kesel coba(?)jauh gitu jalannya padahal tinggal turun tangga nyampe jadi muter kan. Disana ada 7 barak, makanya kita bagi-bagi barak. Kelompok gue dapet barak nomer 5 tadinya disuruh gabung sama 5 orang dari kelas lain, tapi yang isinya 24 orang aja udah full gimana mau nambah dah tau kalo tidur gabisa deket-deket,akhirnya mereka ngungsi ketempat lain.Trus kita disuruh ganti baju dan istirahat.Pada nyenyak banget dah tidurnya mana dingin banget kalo malem

     Keesokan harinya kita sholat subuh dulu,masih ngantuk,tapi harus dipaksa biar ga ngantuk. Abis sholat subuh, kita olahraga pagi, dimulai dengan senam pagi,senamnya gak bisa sesantai di sekolah,ketat banget,jadinya ngebosenin,abis itu kita jogging menurun trus mendaki, capek banget. Pas didepan masjid semuanya ngumpul trus dikasih nyanyi penyemangat gitu, yang paling inget mah cuma bagian
Bangkitkan semangatmu...
Kepada..Gurumu
(Blablablabla)
Humbahumbasah,Humbahumbasah
Howaewaewaewao
Gitu lah ya pokoknya,gainget lagi. Abis itu kita disuruh makan pagi,cara makannya ya tetep sama.Kita disuruh duduk berbaris gitu di jalanan,kita makannya ya nasi,tempe,urap,ayam lagi.

Setelah makan kita disuruh ngumpul di lapangan tempat upacara api unggun. Kita main games, lalu lagi-lagi disuruh buat yel-yel trus maju.Abis itu masing-masing kelompok diberikan 2 item modal berupa barang yang berbeda-beda, kelompok gue dapet sapu lidi + serokan. Kami disuruh mencari uang dengan cara apapun yang pasti halal dan dengan menggunakan item yang sudah diberikan. Kelompok gue ngejual sapu lidi dan ngamen. Sekali ngamen ada tuh yang baik ngasih kita 20.000. Kita berhasil ngumpulin hampir 50.000, jadi uang yang kita dapatkan itu tujuannya untuk diberikan kepada orang yang kurang mampu,yaitu ada mie instan,beras,alat tulis yang kita beli di warung-warung. Setelah itu kami semua kembali ke lapangan dan melakukan upacara penutupan. Selesai upacara, Kita disuruh untuk ganti baju dan nge-packing barang-barang. Setelah semuanya rapi, kita ngumpul di depan masjid dan kita berdoa terlebih dahulu baru kami menuju tronton kami masing-masing.

  Kami tiba di sekolah sekitar pukul 17:45, udah mau maghrib sih, sebagian udah pada dijemput dan sebagian belom. Jadi kita bisa pulang kerumah masing-masing

Komentar